Selasa, Juli 31

Kemana Generasi Indonesia


Hallo?? Hari  ini mau ngepost  nih.. mumpung agak rajin.. heheh

Oiya topic hari ini adalah tentang  à Kemana Generasi Indonesia???

Cerita ini bermula saat Aku mulai nggosip kira2 pukul 01.20am dengan  kakakku..  kok bisa?? Iya karna adekku yang paling kecil ngelanjut SMA nya di SMK dengan jurusan teknik Arsitek ..  demi apa cobak malas banget  kita berdua di SMA lah tuh bocah langsung kejuruan, yaa itulah dia… lebih tepatnya kami ini merupakan keluarga yang “keras kepala” hiuuuuu—

Aku bersikeras untuk menolak adekku ngelanjut di SMK karena Aku pengen kami semua bisa ngelanjut lagi ke jenjang kuliah secara bapak kami seorang dosen, padahal beliau bukan dari keluarga yang berada tapi bisa kok kuliah, lah kami juga harus bisa gitu dong! Udah hidup cukup terfasilitasi kok..


Tapi kakakku mulai memberi pencerahan kepadaku..  anak SMK di jawa sana banyak yang mengeluarkan beberapa murid  mereka yang berprestasi, dengan nyiptain mobil, buat alat pembatik otomatis dengan hasil yang lebih baik.. Mana anak ITB yang katanya Teknologi  yang cerdas2?? Mana anak UGM yang universitasnya dibangga2in??  setelah tamat dari bangku kuliah bukannya ngebangun Negara sendiri eh ini malah berlomba lari kerja jadi babu perusahaan Negara asing!!! Aku tahu, pemerintah kita memang acuh tak acuh, lah kalau kita mau berusaha, berekspresi di berbagai media, ngepost hasil karya mereka, ya pasti ditolong jugalah ama pemerintah.. kenapa? Soal biaya?? Anak SMK juga engga mungkin pakai biaya sendiri, pasti ada jugalah bantuan dari pihak sekolah, yaa kalau ada minat sih, pasti pihak sekolah juga ngedukung kok…


Dari artikel ini sangat malu bagiku ngebangga2in anak kuliahan, padahal banyak orang berhasil kayak Biil Gates sekalipun yang di Drop Out dari kuliahannya, sukses kok.. lah Aku kok heboh  gitu yaa ngebanggain orang yang bisa kuliah ,,
Apalagi dengan semenjak adanya SNMPTN jalur Undangan.. Iya memang aku ngga lulus tapi aku mau berargument! Bukan sirik atau apalah itu karna aku ngga lulus, (serah lo mau ngomong apa tentang gue :P)
Tapi aku punya teman2 yang  lebih cerdas dibandingkan mereka yang lulus dari Jalur undangan.. apalagi orang2 yang uda intensive, tinjau lokasi, menanti hasil pengumuman yang lamanya luar biasa, keburu sakit jantung dulu kami2 yang menanti hasilnya. Setelah ngga lulus dari PTN jalur tulis, kita nyoba UMB, Seleksi2 dari kebijakan universitas lainnya, biaya lagi, belum lagi ngecewain hati orang tua.. belum  lagi, Aku ngerasa  terkadang orangtua ini kayak nekan anaknya banget apalagi Mamaku, sanking banyaknya jalur yang kucoba, mama ku bilanag ke aku, “ les kemana2 dari kelas 1, cobak kesana kemari, yang intensive lah, semua serba biaya.. tapi ngga lulus sesuai yang diharapkan..” Yaa Tuhan.. bukannya ngga berusaha anakmu ini, Mak. Yaa aku speechlesslah, mau bilang apalagi? Memang nyata kok.. yang lebih sakitnya ada jalur mandirinya, diterpa rasa gundah lagi. Kesannya anak regular masih wanti2 dengan anak2 yang milih jalur mandiri denga embel2 uang seubrak!! dan yang lebih ng-suck kin bengeud, teman2ku dan teman2nya temanku banyak yang lulus jalur MANDIRI.. udah yaa. ngga ada kesempatan deh buatku kuliah tahun ini...... *tiduran diterminal*
Kalau dibandingkan lagi sama orang yang lulus undangan? Belum tentu nilai murni “modal caper ke guru” lah dibadingkan kita2 ini? Yang bimbel dari kelas 1, les disekolah, les lagi diluar, pulang malam. Belum lagi peer yang menanti seubrak! Heleeh… emosi aku!!  Tetesan keringat, tangis, doa, sendiri saat ngekost intensive, makan ngga karuan, uang pas2an… so suck bangeeeet.. bukan apa tapi system penyaringan bibit2 generasi di Indonesia ini masih jempol  terbalik buatku.. yaa ngga jauh2lah dengan main judi. Masih lihat hasil, bukan proses..


Apalagi guys, setelah Aku nyoba berbagai jalur,  yaa kira2 adaa 15 pilihan yang kucoba, hanya 1 yang lulus, tapi ngga sesuai yang kuinginkan.. ini nih jalur terakhir yang kucoba, UMB!! Saat aku akan pamitan sama mamaku, kira2 beginilah percakapan kami :
Mama   : Uda mau berangkat?
Aku        : Uda, Maa.. (sambil cium tangannnya)
Mama   : Udah pasti lulus ngga itu??
Aku        : #&^%&(^*()_*(*&^^$$#@%^&*

Saat jalan mau keluar aku hanya berkata dalam hati : Pasti mamaku kecewa kali samaku, What should I do, God.. Aku hanya bisa berusaha, tapi  Tuhanlah yang berkenan..
Tapi nyatanya guys? aku ngga jebol juga..
mau diswasta, selain ekonomi yang cukup ELIT ( Ekonomi Pelit ) , kesannya ituloh, ngga modal otak banget.. -_-


Aku tau kalau ada anak2 jalur undangan yang ngebaca artikelku ini, mereka pasti mereka marah.. atau ada yang beranggapan yang lain? Yaa selamat ya guys.. kalian lucky banget, memang iya kalian lolos tanpa mikirin apa2, tanpa testing apa2, kalian memang jebol, tapi ngga pantas ! hahha :P

Nggaapaapa deh kasih point buat kalian, Tuhan ngga tidur kok, mungkin kalau kalian ada diposisi kami, mungkin kalian uda nyerah, ngga dapat pengalaman, ngga bisa memotivasi orang, dan ngga bisa menghargai jerih keringat untuk lebih menghargai masa2 kuliah karna kalianpun jebol tanpa ada trouble apa2.. wkwkkwk :P

Apalagi semenjak tidak diberlakukannya lagi tahun depan jalur tulis, yang ada tinggal SNMPTN Und (60%) dan Kebijakan Universitas (40%)  apa2an itu?? Emang ngga mau generasi2 selanjutnya jebol karna jalus test otak sendiri?? Selamat aja deh ama system ini kalau jadi!

Buat yang mau marah, silahkan koment gue ladenin, yang mau ngamuk2, nonjok  LCD laptop/computer, silahkan, punten, mang!! Tapi yang satu harus kalian tau, ini Negara demokrasi. Bebas berkoar2 dan berekspresi.. selama gue belum cakap kotor dan ngefitnah orang? Toh memanag realita kok :D

PLONG deh Hatiku~~~~
See you in next artikel…
Triple kiss from me :P:P:P [ehhh??]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar